Saturday, October 6, 2012

Etika Berinternet

       Internet merupakan forum bebas yang tidak mengenal aturan. Dalam internet semua orang berhak bertindak, berinisiatif, berkreasi apa saja tanpa ada yang melarang dan menentang. Internet bersifat bebas ! tetapi walaupun bersifat bebas dan terbuka, dalam berinternet ada batahasan-batasan yang harus kita perhatikan. ada 3 batasan yang mencakup etika berinternet, antara lain:  

  1. UU ITE
    UU ITE merupakan kepanjangan dari undang-undang informatika transaksi elektronika  Secara garis besar UU ITE mengatur hal-hal sebagai berikut :

    •  UU ITE berlaku untuk setiap orang yang melakukan perbuatan hukum,
    •  Pengaturan nama domain dan hak kekayaan intelektual.
    •  Pasal 27, 29, 30, 31, 32, 33, 35
  2. Peraturan yang ditulis moderator
    Peraturan yang dibuat oleh moderator misalnya peraturan ada dalam forum resmi di beberapa situs seperti contoh yahoo dan kaskus. di dalam forum-forum tersebut ada beberapa peraturan-peraturan yang harus di taati. misalnya peraturannya, 
    • yahoo 
      Dalam forum yahoo melarang out of topik didalam milis selain itu yahoo melarang keras posting yang mengarah ke SARA (suku, Agama, Ras, dan antar golongan ) dan yang memancing emosi mengarah ke saling hujat antar sesama anggota. 
    • kaskus 
    Dilarang melakukan segala macam bentuk posting yang bersifat menyinggung unsur-unsur Suku, Ras, dan Agama (SARA) dan membuat keributan. Sanksi : Delete Pos Dilarang berbagi informasi yang berbau Pornografi. melakukan segala macam bentuk posting yang bersifat junk (junk post adalah setiap post yang tidak berkaitan dengan topik pembahasan, termasuk emot junk)tidak diperkenankan melakukan longchat.
    Hukuman :  "Setiap pelanggaran menerima hukuman teguran , setiap hukuman adalah hak moderator dan bersifat final, kecuali ada pertimbangan-pertimbangan yang dianggap perlu".

  3. Peraturan yang tidak tertulis
    Dalam etika peraturan yang tidak tertulis biasannya masih mengandung peraturan yang terkait, dan mesti kita perhatikan ketika kita melakukan apapun di dunia maya agar tidak menyinggung pengguna lain.
    Hal-hal lain yang perlu diperhatikan antara lain,
    1.Jangan gunakan huruf kapital
    2.Kutip seperlunya
    3. Perlakuan terhadap pesan pribadi
    4. Hati-hati terhadap informasi/berita hoax
    5. Ketika 'harus' menyimpang dari topik (out of topic)
    6. Hindari personal attack
    7. Kritik dan saran yang bersifat pribadi harus lewat PM (personal message)
    8. Dilarang menghina agama
    9. Jujur dalam mencantumkan sumber atau penulis
    10. Bijaklah ketika hendak meng-copy sebuah situs
    #Anda dapat mengunduh power point Etika Berinternet Disini

No comments:

Post a Comment