Saturday, August 27, 2011

Para astronom menemukan planet yang terbuat dari berlian

(Reuters) - Para astronom telah melihat sebuah planet eksotis yang tampaknya terbuat dari berlian balap di sekitar bintang kecil di halaman belakang galaksi kita.


Planet baru ini jauh lebih padat daripada yang lainnya yang dikenal sejauh ini dan sebagian besar terdiri dari karbon. Karena sangat padat, para ilmuwan menghitung karbon harus kristal, sehingga sebagian besar dari dunia yang aneh ini secara efektif akan berlian.

"Sejarah evolusi dan kepadatan yang luar biasa dari planet semua menyarankan terdiri dari karbon - yaitu berlian besar yang mengorbit sebuah bintang neutron setiap dua jam dalam orbit begitu ketat akan muat di dalam Matahari kita," kata Matthew Bailes Swinburne University Teknologi di Melbourne.

Berbohong 4.000 tahun cahaya, atau sekitar seperdelapan dari jalan menuju pusat dari Bima Sakti dari Bumi, planet ini mungkin adalah sisa dari sebuah bintang masif sekali-yang telah kehilangan lapisan luarnya untuk yang disebut pulsar bintang itu orbit.
Pulsar kecil, bintang-bintang neutron mati yang hanya sekitar 20 kilometer (12,4 mil) di ratusan diameter dan spin dari kali, kedua balok memancarkan radiasi.
Dalam kasus pulsar J1719-1438, balok teratur menyapu bumi dan telah dipantau oleh teleskop diAustralia , Inggris dan Hawaii, memungkinkan para astronom untuk mendeteksi modulasi karena tarikan gravitasi dari planet pendamping gaib nya.
Pengukuran menunjukkan planet, yang mengorbit bintangnya setiap dua jam dan 10 menit, memiliki massa sedikit lebih dari Jupiter namun adalah 20 kali lebih padat, Bailes dan rekan melaporkan dalam jurnal Science Kamis.
Selain karbon, planet baru ini juga mungkin mengandung oksigen, yang mungkin lebih umum di permukaan dan mungkin semakin langka menuju pusat yang kaya karbon.
Kepadatan tinggi menunjukkan unsur yang lebih ringan dari hidrogen dan helium, yang merupakan unsur utama dari gas raksasa seperti Jupiter, tidak hadir.
Hanya apa dunia ini aneh berlian sebenarnya seperti dekat, bagaimanapun, adalah misteri.
"Dalam hal apa yang akan terlihat seperti, aku tidak tahu aku bahkan bisa berspekulasi," kata Ben Stappers dari University of Manchester. "Saya tidak membayangkan bahwa gambar objek yang sangat mengkilap adalah apa yang kita cari di sini."

1 comment: