Sunday, October 28, 2012

Sistem Operasi

Sistem operasi merupakan perangkat lunak sistem yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras serta operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan perangkat lunak aplikasi seperti program-program pengolah kata dan peramban web.
Fungsi sistem operasi itu sendiri adalah penghubung antara lapisan hardware dengan lapisan software. Sistem operasi melakukan semua tugas-tugas penting dalam komputer dan menjamin aplikasi-aplikasi yang berbeda dapat berjalan secara bersamaan dengan lancar. Dalam hal ini sistem operasi dibagi menjadi dua yaitu :
  • Sistem Operasi Desktop
Sistem Operasi Desktop adalah seperangkat program yang mengelola sumber daya perangkat keras komputer, dan menyediakan layanan umum untuk aplikasi perangkat luna. Contohnya sistem operasi desktop antara lain sebagai berikut,
- Linux
Linux merupakan sistem operasi yang bebas bersifat terbuka atau open source. Kode yang terdapat dalam sistem operasi ini dapat dimodifikasi oleh penggunanya. Linux sendiri terdapat berbagai macam jenis yang disebut distribusi Linux atau Distro Linux, diantaranya adalah Ubuntu, openSUSE, Fedora, Debian GNU/Linux, Mandriva, Linux Mint, PCLinuxOS, Slackware Linux, Gento Linux, CentOS, FreeBSD.
- Windows
Windows merupakan sistem operasi yang paling popular dan masih banyak dipakai oleh pengguna komputer didunia. Versi windows yang paling awal adalah windows 1.0, lalu muncul windows 2.1x, windows 3.0, windows NT, windows 95, windows NT 4.0, windows 2000, windows Me, windows XP, windows server 2003, windows vista, windows 7, dan yang akan segera dirilis adalah windows 8.
- Mac OS
Mac OS merupakan sistem operasi komputer yang dibuat oleh Apple. Sistem Mac OS dapat di bedakan menjadi dua jenis, yaitu Mac OS klasik dan Mac OS X.
  • Sistem Operasi Mobile
Sistem Operasi Mobile adalah suatu sistem operasi yang mengontrol sistem dan kinerja pada barang elektronik yang mobile, mirip dengan fungsi Windows, Mac OS X, dan Linux pada Desktop PC atau Laptop/Notebook tetapi lebih sederhana. Contohnya OS mobile adalah Android, Windows Phone, iOS dll
- Android
Android merupakan sistem operasi untuk handphone yang akan diluncurkan Google. Android berbasis Linux sehingga termasuk open source.
- Windows Phone
Windows Phone merupakan keluarga sistem operasi perangkat bergerak yang dikembangkan oleh Microsoft dan merupakan pengganti platform Windows Mobile.
- iOS
iOS merupakan sebuah sistem operasis berbasis perangkat mobile buatan apple yang bekerja pada perangkat iPhone, iPod touch, dan iPad. i-nya sendiri mungkin dimaksudkan sebagai perangkat yang selalu terhubung dengan internet sebagaii cloud utamanya, tetapi juga mewakili desain perangkat yang futuristik dan prestise seperti yang selama ini melekat kepada produk-produk buatan Apple Inc.

#Anda dapat mengunduh file power point Sistem operasi Disini

No comments:

Post a Comment