Sunday, November 11, 2012

Jaringan Berkabel

Sedikit pengertian Jaringan berkabel sendiri merupakan jaringan yang berguna untuk menghubungkan sistem yang satu ke sistem yang lain menggunakan kabel. Kali ini saya akan menerangkan beberapa jenis Jaringan berkabel.
  • LAN (Lokal Area Network)
LAN (Lokal Area Network) merupakan jaringan komputer yang hanya mencakup wilayah kecil, seperti jaringan komputer kampus, warnet, gedung, kantor, dalam rumah, sekolah atau yang lebih kecil. 
  • MAN ( Metropolitan  Area Network )
Metropolitan Area Network (MAN), MAN biasanya meliputi area yang lebih besar dari LAN, area yang digunakan adalah dalam sebuah negara.
  • WAN ( Wide Area Network).
Wide Area Network (WAN), WAN merupakan jaringan komputer dengan jangkauan area geografi yang paling luas, antar negara, antar benua bahkan keluar angkasa (sebagai contoh jaringan internet yang menggunakan sistem koneksi satelit).

Hardware Jaringan

Pengertian sendiri dari Hardware Jaringan adalah perangkat keras yang digunakan untuk membangun jaringan. Ada beberapa contoh hardware  jaringan adalah sebagai berikut :
  • Personal komputer (PC)
Pesonal komputer atau PC ini merupakan perangkat utama dalam suatu jaringan komputer. PC ini lah yang akan bekerja mengirim dan mengakses data dalam jaringan. Kemampuansuatu PC sangat menentukan sekali unjuk kerja dari jaringan. Semakin tinggi kemampuan suatu PC maka akses yang dilakukan pun akan semakin cepat.
  • Modem
Modem atau Modulator Demodulator adalah peralatan jaringan yang digunakan untuk terhubung ke jaringan internet menggunakan kabel telepon. Ada dua jenis modem yaitu modem internal dan eksternal.
  • Bridge
Bridge merupakan peralatan jaringan yang digunakan untuk memperluas atau memecah jaringan. Bridge berfungsi untuk menghubungkan dan menggabungkan media jaringan yang tidak sama seperti kabel UTP dan kabel fiber-optic.
  • Pengkabelan
Jaringan komputer pada dasarnya adalah jaringan kabel yang menghubungkan satu sisi dengan sisi yang lain, namun bukan berarti kurva tertutup, bisa jadi merupakan kurva terbuka dengan sebuah terminator diujungnya.
  • Router                  
Router merupakan peralatan jaringan yang digunakan untuk memperluas atau memecah jaringan dengan melanjutkan paket-paket dari satu jaringan logika ke jaringan yang lain.

  • Network internet card (NIC)
Network internet card atau NIC ini merupakan port yang menghubungkan computer dengan jaringan.
  • Hub/ Switch
HUB atau Switch digunakan untuk menghubungkan setiap node dalam jaringan LAN. Peralatan ini sering digunakan pada topologi star dan extended star. Perbedaan antara HUB dan Switch adalah kecepatan transfer datanya yaitu 10 : 100 Mbps.

Topologi Jaringan

Topologi Jaringan merupakan cara pengaturan hubungan antar komputer dalam jaringan komputer. Ada beberapa jenis Topologi jaringan adalah sebagai berikut.
  • Topologi bus
Topologi Bus merupakan sebuah topologi jaringan yang menghubungkan beberapa komputer dengan menggunakan sebuah kabel inti yang menjadi poros utama (Backbone) dimana komputer client dapat melakukan akses kedalam jaringan melalui backnone tersebut.
  • Topologi Ring
Topologi ring merupakan topologi jaringan komputer yang menghubungkan komputer dengan sebuah kabel tunggal yang mana ujung dari kabel tunggal tersebut dihubungkan kembali ke pangkal kembali melewati komputer-komputer lain. Disebut topologi ring karena bentuknya seperti cincing yang melingkar. 
  • Topologi Star
Topologi Star merupakan topologi jaringan komputer yang menghubungkan beberapa komputer dengan sebuah komputer yang menjadi pusat dari semua operasi.
  • Topologi tree
Topologi tree merupakan pengembangan atau generalisasi topologi bus. Media transmisi merupakan satu kabel yang bercabang namun loop tidak tertutup.
  • Topologi Mesh
Topologi Mesh merupakan topologi yang tidak memiliki aturan dalam koneksi. Karena tidak teratur maka kegagalan komunikasi menjadi sulit dideteksi, dan ada kemungkinan boros dalam pemakaian media transmisi. Setiap perangkat Setiap prrangkat terhubung secara langsung ke perangkat lainnya yang ada di dalam jaringan. Akibatnya, dalam topologi mesh setiap perangkat dapat berkomunikasi langsung dengan perangkat yang dituju (dedicated links).

Implementasi Jaringan

Dalam kehidupan sehari-hari jaringan banyak sekali pemanfaatannya misalnya :
  1. 1. Internet
  2. 2. TV satelit
  3. 3. Mesin ATM
  4. 4. email
  5. 5. streaming dan sebagainya
 #Anda dapat mendownload power point atau ppt Jaringan Berkabel disini
 

No comments:

Post a Comment