Tuesday, November 13, 2012

Jaringan Nirkabel

Sedikit pengertian dari jaringan nirkabel adalah jaringan yang tidak menggunakan kabel. Teknologi jaringan nirkabel ini sebenarnya terbentang luas mulai dari komunikasi suara sampai dengan jaringan data, yang mana membolehkan pengguna untuk membangun koneksi nirkabel pada suatu jarak tertentu. Ini termasuk teknologi infrared, frekuensi radio dan lain sebagainya. Peranti yang umumnya digunakan untuk jaringan nirkabel termasuk di dalamnya adalah komputer, komputer genggam, PDA, telepon seluler, tablet PC dan lain sebagainya. Contoh yang lebih spesifik adalah :
  • Bluetooth
Spesifikasi industri untuk jaringan kawasan pribadi (personal area networks atau PAN) tanpa kabel. Bluetooth menghubungkan dan dapat dipakai untuk melakukan tukar-menukar informasi di antara peralatan-peralatan. Cara kerja bluetooth adalah dengan menggunakan frekuensi radio. Beda dengan inframerah yang mendasarkan diri pada gelombang cahaya. JaringanBluetooth bekerja pada frekuensi 2.402 Giga Hertz sampai dengan2.480 Giga Hertz.
  • Wifi (Wireless Fidelity)
Sebuah teknologi terkenal yang memanfaatkan peralatan elektronik untuk bertukar data secara nirkabel (menggunakan gelombang radio) melalui sebuah jaringan komputer, termasuk koneksi Internet berkecepatan tinggi. Cara kerja wifi untuk menghubungkan sebuah computer yang satu dengan yang lain, maka diperlukan adanya Jaringan Wireless. Menurut sebuah buku yang bersangkutan, supaya komputer-komputer yang berada dalam wilayah Jaringan Wireless bisa sukses dalam mengirim dan menerima data, dari dan ke sesamanya, maka ada tiga komponen dibutuhkan, yaitu Sinyal Radio (Radio Signal), Format Data (Data Format), dan Struktur Jaringan atau Network (Network Structure).
  • Infrared
Radiasi elektromagnetik dengan panjang gelombang lebih panjang daripada cahaya tampak, membentang dari tepi merah nominal dari spektrum yang terlihat pada 0,74 mikrometer (pM) menjadi 300 pM. Cara kerja infrared adalah radiasi elektromagnetik dari panjanggelombang lebih panjang dari cahaya tampak, tetapi lebihpendek dari radiasi gelombang radio.

1 comment: