Sunday, November 25, 2012

Perbedaan 1G, 2G, 3G

Sejarah dari huruf G sebagai penamaan di atas berawal dari kata generasi, Hal ini berarti bahwa 1G merupakan generasi pertama, 2G generasi kedua dan selanjutnya. banyak yang menanyakan generasi dari apa, yang di maksud generasi yaitu generasi yang berawal dari teknologi layanan data dan komunikasi wireless, khususnya dari mobile phone. Dari masa ke masa, teknologi komunikasi wireless ini mengalami perkembangan. Semakin besar angka yang ada di depan G semakin banyak kemudahan yang dapat kita peroleh. Selain itu perbedaan yang sangat mendasar dari generasi - generasi itu adalah dalam hal kecepatan unduh data. 

Perkembangannya sebagai berikut :
  1. Generasi Pertama 1G
    Di generasi pertama 1G di temukan pada tahun 1980 ketika AMPS di Amerika bekerjasama dengan TACS dan NMT di Eropa membuat terobosan di teknologi jaringan. 1G ini adalah standar baru dari teknologi jaringan. Zaman dimana campur tangan manusia sudah tidak terlalu dibutuhkan semuanya benar benar sudah otomatis dan dengan bentuk yang kecil tentunya. Karena ini adalah ponsel generasi pertama mereka membuatnya sangat serius mereka membuat ponsel yang kuat dan handal yang akhirnya tersebar ke seluruh dunia.
  2. Generasi Kedua 2G
    Di generasi kedua atau 2G di temukan Pada awal tahun 90-an untuk pertama kalinya muncul teknologi jaringan seluler digital. yang hampir bisa dipastikan memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan teknologi jaringan analog (1G) seperti suara lebih jernih, keamanan lebih terjaga dan kapasitas yg lebih besar. GSM muncul terlebih dahulu di Eropa sementara Amerika mengandalkan D-AMPS dan Quallcomm CDMA pertama mereka. kedua sistem ini (GSM dan CDMA) mewakili generasi ke dua (2G) dari teknlogi jaringan nirkabel.
  3. Generasi ketiga 3G
    Di generasi ketiga 3G di temukan di antara tahun 2002 sampai 2003, EVDO Rev 0 pada CDMA 2000 dan UMTS pada GSM pertama yang merupakan cikal bakal generasi ke tiga (3G) diperkenalkan. Tapi ini bukan berarti GPRS telah mati. Justru saat itu muncul EDGE – Enhanced Data - rates for GSM Evolution – ini diharapkan akan menjadi pengganti GPRS yang baik.

No comments:

Post a Comment